Memperingati Hari Lahir Pancasila Di Halaman Gedung Negara Grahadi

Fajar Nusantara News – Surabaya, setiap tanggal 1 juni oleh bangsa Indonesia diperingati sebagai hari lahir pancasila. Oleh sebab itu pada hari kamis tanggal 1 juni 2023 bertempat digedung negara Grahadi yang beralamat dijalan Gubernur Suryo Kota Surabaya diadakanlah upacara untuk memperingati hari lahir Pancasila.

Sebagai inspektur upacara hari lahir pancasila adalah Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa yang dalam sambutannya beliau mengatakan nilai nilai Pancasila beserta kandungan di dalamnya merupakan falsafah dasar dan pandangan hidup bangsa dan dasar negara serta ideologi negara dan merupakan kekuatan pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila merupakan segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan pemersatu yang menyatukan berbagai keragaman yang ada dan sekaligus sebagai penuntun yang memandu kehidupan bangsa Indonesia agar sesuai dengan cita cita pendirian negara Indonesia. Yang mewujudkan masyarakat Indonesia yang bersatu, Berdaulat adil dan makmur.

Pancasila yang lahir dari bumi Indonesia dan seharusnya mengaktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila selalu digunakan dari berbagai sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pancasila bukan wacana belaka melainkan merupakan nilai nilai objektif dan imajinatif yang kuat baik secara politis. Fisafat. Historis maupun kultural keberadaannya.

Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan pancasila merupakan perwujudan dan rasa cinta ketanah air sehingga membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.
Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk saling menghargai dan bekerjasama dan saling menghormati keberagaman nasional yang bisa merajut dalam wadah Bhineka Tunggal Ika.

Hari lahirnya Pancasila yang selalu diperingati setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia yang tidak hanya menjunjung tinggi sebagai dasar dan tujuan bangsa Indonesia. Pancasila bisa menjadi pegangan dalam kehidupan sehari hari yang harus dipraktekkan dan diaktualisasi dalam kehidupan sehari hari. Sehingga nilai pancasila akan tertanam dalam hati masyarakat Indonesia. (Yunus)