Ribuan Nahdliyin Tumplek Blek Mengikuti Jalan Santai Untuk Memperingat Hari Santri Nasional 2023

Surabaya – Fajar Nusantara News, Membludak! Ratusan ribu warga nahdliyin dan para kiai tumplek – blek jadi satu di acara ‘Jalan Santai’ memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/10/2023).

Acara yang dibesut pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agama (Kemenag) RI dan PBNU ini, berlangsung sangat meriah. Jalan Sehat dimulai pukul 06.00 Wib, lautan manusia itu menyusuri Jalan Gubernur Suryo – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Basuki Rahmat – dan Jalan Tunjungan.

Mereka mengambil start di Gedung Negara Grahadi, lalu menuju ke arah Jalan Panglima Sudirman, Bambu Runcing. Peserta kemudian putar balik patung Karapan Sapi, Basuki Rahmat, berbelok menuju Praban, Jalan Tunjungan. Finis (kembali) di Gedung Negara Grahadi.

Tampak ribuan aparat keamanan, baik kepolisian mau pun panitia penyelenggara bersibukria.  “Ini wujud kebersamaan semua elemen strategis yang ada di Jawa Timur. Nah, bertepatan Hari Santri, kita ingin ambil peran. Konsep awal ada East Java Santri Run,” demikian Ali Kuncoro, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur kepada wartawan.

Peserta begitu antusias. Sedari subuh sudah pada berdatangan di depan Gedung Grahadi. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Tampak Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa begitu bersemangat menyambut peserta. Tidak berlebihan kalau ada 950 ribuan peserta yang berjejalan daftar melalui online.

Hadiah Jalan Sehat HSN 2023 juga luar biasa. Selain paket umroh untuk 60 orang, panitia juga menyediakan hadiah utama satu unit mobil. Ada juga 5 unit sepeda motor, 5 laptop, 5 unit lemari es, 5 unit TV, 5 unit sepeda gunung dan sejumlah hadiah lain. “Bukan memburu hadiah, tapi ikut Jalan Sehat HSN 2023 sangat menyenangkan,” demikian salah seorang peserta. (Yunus)