Sedekah Bumi, Pemuda Pancasila PAC Dukuh Pakis Wujud Syukur Atas Karunia Sang Maha Pencipta

Surabaya – Fajar Nusantara News, Memasuki Bulan Suro dalam Kalender Jawa, Pemuda Pancasila PAC Dukuh Pakis. menyelenggarakan tradisi Bersih Desa. Tiga tumpeng yang melambangkan syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa, sudah disiapkan untuk kenduri dan selanjutnya dilanjutkan dengan mengelar acara hiburan live karoke. Minggu, 23 juli 2023.

Di Base camp Pemuda Pancasila Desa Prada Permai kecamatan Dukuh Pakis, warga dan para undangan ormas lain, BGR dan Relawan Nusantara mengadakan ritual bersih desa berupa kenduri.

“Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji yang dilakukan ketua PP PAC Dukuh Pakis, Ridwan bertujuan membaur/menjalin hubungan baik dengan warga sekitar. Pemuda Pancasila PAC Dukuh Pakis ingin membangun image bahwa Ormas PP bukan Ormas yang identik dengan kekerasan. Ujar Ridwan ketua PP PAC Dukuh Pakis.

Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual di baliknya. Bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas rahmat dan hidayahNya. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari pungkas Rombi sesepuh PP PAC dukuh pakis. (Tik)