Jelang Pemilu 2024 Panwascam Banyuates Adakan Training Of Trainer Pelatihan Saksi

Sampang – Fajar Nusantara News, Menjelang Pesta Demokrasi atau Pemilu Tahun 2024 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Banyuates Gelar pelatihan untuk para saksi dari semua partai politik yang dikemas dalam Training of Trainer, tepatnya di Aula K3S Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang.

Training of Trainer kali ini dihadiri langsung oleh Hj Insiyatun, S.HI, MH selaku Ketua Bawaslu sekaligus Koordinator Daerah Akademi Pemilu dan Demokrasi Kabupaten Sampang sebagai narasumber.(09/02/2024)

Dalam kesempatan kali ini Hj. Insiyatun berharap pada seluruh peserta saksi Partai Politik yang hadir agar menjadi saksi yang profesional dan mampu dalam melaksanakan tugas dengan baik.

“Harapan saya yang pertama bagi peserta Pemilu, khususnya saksi benar-benar diberi pelatihan yang berkualitas. Yang kedua, saksi itu yang harus dipilih oleh peserta pemilu yang mempunyai konsistensi dan mempunyai kualitas yang tinggi juga paham regulasi.”

Lanjut, “Juga para saksi harus siap secara fisik dan fisikisnya bagaimana saksi ini benar-benar bekerja bukan hanya hari H tetapi juga H-1 yang perlu disediakan adalah surat mandat yang dipastikan.

Saksi juga tidak boleh telat dan harus datang sebelum KPPS, PTPS dan sebelum pemantau pemilu dan pemilihan, karena saksi ini menjadi wakil dari peserta pemilu untuk memastikan apa yang terjadi di TPS itu sudah benar-benar sesuai regulasi.” Pungkasnya

Selain itu acara Training of Trainer tersebut juga diwarnai sesi tanya jawab oleh sebagian peserta saksi dari Partai Politik dan semua pertanyaan yang diajukan oleh sebagian saksi dijawab langsung oleh Hj. Insiyatun selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang. (Ir)