Gebrakan Pelatihan Content Creator Dalam Menginspirasi Generasi Muda Desa Seloliman, Mojokerto

Mojokerto – Fajar Nusantara News, Inisiatif penting untuk mengembangkan keahlian generasi muda di era teknologi adalah pelatihan tentang pemasaran digital.

Dalam upaya mempersiapkan kemampuan generasi muda tersebut, atas dasar untuk menjadi konten kreator yang produktif dan kreatif di era digital, sebuah pelatihan dasar-dasar konten kreator dan produksi video promosi yang telah digelar di desa Seloliman kecamatan Trawas kabupaten Mojokerto.

Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) yang dihadiri oleh sekitar 25 peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari pemuda karang taruna serta ibu ibu kader desa Seloliman.

Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 di balai desa Seloliman yang berfokus pada pengembangan keterampilan digital. Peserta pelatihan diajarkan tentang konsep dasar-dasar konten kreator, termasuk pemahaman tentang audiens, pembuatan konten yang menarik, teknik editing, teknik penggunaan kamera dan strategi distribusi yang efektif di berbagai platform media sosial.

Menurut Satrio Sudarso selaku narasumber dalam acara tersebut, “Konten kreator memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi opini dan perilaku di era digital saat ini.

Dengan pelatihan dasar yang tepat, generasi muda dapat menjadi agen perubahan positif dan memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang, terutama bidang pemasaran produk serta branding produk”. Teknik pemberian pelatihan ini secara interaktif antara narasumber dengan peserta pelatihan. Dimana disertai contoh aplikatif tentang beberapa jenis konten yang update di media sosial. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk diskusi, bertanya dan menjawab quiz yang diberikan oleh narasumber.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pengetahuan kepada peserta pelatihan dalam menciptakan konten-konten yang berkualitas. Antusiasme yang tinggi terlihat dengan meriahnya suasana pelatihan dan sekitar 95% undangan yang hadir.
Karena generasi muda merupakan pengguna utama media sosial dan konsumen konten digital, keterlibatan mereka dalam pelatihan ini sangat penting karena mereka memiliki potensi besar untuk menjadi penghasil konten yang berpengaruh dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di desa Seloliman. Melalui pelatihan ini, generasi muda memiliki kesempatan untuk meningkatkan kreativitas mereka dan belajar bagaimana menggunakan teknologi dengan cara yang bermanfaat.

Pelatihan konten kreator juga dapat membantu generasi muda belajar keterampilan seperti kerjasama tim, analisis pasar, dan pemecahan masalah, yang penting untuk kesuksesan di dunia digital. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas konten tetapi juga untuk membentuk generasi muda yang lebih terampil, beretika, dan siap menghadapi tantangan masa depan di dunia digital. (Satrio)