Tak Kunjung Diperbaiki, Kades Dan Masyarakat Swadaya Perbaikan TPT Jalan Poros Desa Kara

Sampang – Fajar Nusantara News, Kepala Desa dan jajaran Babinsa Desa Kara Bersama Warga Desa Kara Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, Bersama-sama melakukan pekerjaan secara Swadaya untuk memperbaiki Tembok Penahan Tanah (TPT) di sepanjang jalan poros Desa Kara.

Pekerjaan swadaya masyarakat tersebut Dipimpin Langsung oleh Sesepuh Kepala Desa Kara Markuwi,Babinsa Subaidi,Babinsa Triman serta masyarakat Desa Kara.

Mengingat kondisi Tembok Penahan Tanah ( TPT ) jalan poros Desa Kara yang rusak parah dan sampai saat ini belum ada upaya perbaikan dari Pemkab Sampang ataupun Provinsi Jawa Timur.

Pantauan awak media di lapangan, masyarakat Desa Kara sangat antusias dalam melakukan kegiatan swadaya tersebut mengingat mereka merupakan warga terdampak dari rusaknya Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan poros desa tersebut.

Bahris salah satu warga yang melakukan kegiatan swadaya perbaikan Tembok Penahan Tanah mengatakan bahwa Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan poros Desa Kara merupakan penahan salah satu saluran utama dari arah Utara menuju arah Selatan yang seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten Sampang. “Heran saja,TPT ini akses utama aliran air dari arah Utara menuju selatan desa kara”, ungkapnya

Seharusnya ada upaya perbaikan dari pemerintah Kabupaten”maupun provinsi ujar Bahris,saat diminta keterangan sama awak media ketika istirahat di lokasi perbaikan Tembok Penahan Tanah.

Diketahui bahwa TPT jalan poros Desa Kara tersebut diperbaiki pada hari Senin tanggal,11/12/2023 dan menggunakan dana swadaya masyarakat setempat dan uang pribadi sesepuh Desa Kara Markuwi.

Kalau menunggu pemerintah Kabupaten Sampang maupun provinsi kemungkinan besar (TPT) sampai rusak semua apalagi mau musim hujan barulah dibangun.

Jadi kami mencoba untuk musyawarah sama warga desa kara terutama Sesepuh Desa Kara Markuwi agar bisa memperbaiki Tembok Penahan Tanah,hitung-hitung membantu pemerintah takut anggarannya habis.”kata beberapa warga saat dikonfirmasi tim media ini.

Di tempat berpisah pihak media berkoordinasi kepada Sesepuh Desa Kara,Babinsa dan Masyarakat Swadaya bersatu membangun bangsa dan negara,Joko tim membenarkan bahwa perbaikan TPT jalan poros Desa Kara hasil swadaya masyarakat dan uang pribadi Sesepuh Desa Kara Markuwi.

Lanjut Joko Perbaikan TPT mungkin akan terus dilakukan sesuai kondisi parahnya TPT dan terkait keuangan pastinya berharap Swadaya masyarakat Desa Kara khususnya pada umumnya,uluran tangan masyarakat yang melewati jalan poros Desa Kara.

Mari kita bergotong-royong membangun TPT poros jalan ini supaya kita bisa leluasa di untuk melewati jalan ini.kita bantu pemerintah Desa Kara untuk menyelesaikan perbaikan TPT poros jalan Desa Kara walaupun satu rupiah setidaknya kita ikut berpartisipasi tegas Joko kepada masyarakat setempat melalui obrolan di lokasi perbaikan. (Ir)