Pelatihan SPAB di Ponpes SPMAA Pasuruan Digelar SRPB Jatim

Sidoarjo – Fajar Nusantara News, Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur bersama Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Pasuruan menggelar pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Kegiatan ini diadakan di Ponpes SPMAA, Dusun Tamanan, Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Minggu (25/6). Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah Sehati Kerelawanan, Sevisi Keakhiratan, Sinergi Swadaya Santri SPMAA Lillahi Ta’ala.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian tim SPAB SRPB Jatim,” ungkap Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih yang membuka acara ini.

Pimpinan SPMAA Pasuruan Rohman Arsys Tawa atau biasa dipanggil Gus Arsys hadir langsung dalam kegiatan ini. Ia berharap para peserta bisa menyerap ilmu dalam pelatihan ini dan menyebarkan kepada kawan maupun keluarganya. Tampak pula hadir Direktur SPMAA Gus Na’im serta Komandan Santri Tanggap Bencana (Santana) Gus Adhim.

Materi SPAB yang diberikan cukup lengkap. Meliputi pengurangan risiko bencana (PRB) dasar, pembuatan dokumen kajian risiko, rencana aksi pondok pesantren, pembentukan Tim Siaga Bencana Sekolah (TSBS), peta rambu dan titik kumpul, pemadaman kebakaran dengan alat pemadam api ringan (APAR), dan alat pemadam api tradisional (APAT).

Tim SPAB SRPB Jatim yang memberi pelatihan terdiri dari Asichatul Insiyah, Erfan Alif Pujiono, Yan Aditya, Rizal Fahmi, dan Isna. Sebanyak 70 peserta hadir dalam kegiatan ini. Mereka terdiri dari guru, siswa, pegawai, dan santri Ponpes SPMAA Pasuruan. (Yogi)