Meningkatnya Peran Pemasaran Digital Dalam Pendidikan Usia Dini Untuk Meningkatkan Branding Dan Kompetensi Guru PAUD Di TK ABA Purwosari

Pasuruan – Fajar Nusantara News, Kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) dari tim Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) di tahun 2024 ini salah satunya sasaranya kepada TK ABA yang merupakan naungan Amal Usaha Aisyiyah (AUA) Purwosari yaitu TK ABA 1 Purwosari dan TK ABA 2 Al Wathan.

Kegiatan Abdimas yang rencana berlangsung dari bulan Maret hingga Agustus 2024 ini point pentingnya tentang pembinaan aspek pemasaran digital untuk meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah dan aspek edukasi tentang inovasi digital terhadap guru PAUD.

Tim pengabdian melibatkan 3 dosen dan 2 mahasiswa dari prodi S1 manajemen dan prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) UMSIDA.

Ketua pengabdi, Satrio Sudarso mengatakan bahwa, “Kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pada mitra tentang segi pemasaran yang belum optimal dan kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru PAUD.

Pembinaan pemasaran di titik beratkan pada digital marketing dengan aktivasi akun media sosial, membuat konten edukasi interaktif, membuat poster PPDB hingga mempromosikan konten melalui aplikasi Instagram.

Sedangkan aspek edukasi terhadap guru PAUD dengan memberikan pengajaran dan pendampingan tentang aplikasi edukasi online hingga konten pembelajaran interaktif.
Kalimah, selaku kepala sekolah TK ABA 1 Purwosari mengaku sangat senang dengan adanya program abdimas dari UMSIDA ini karena nantinya akan dapat meningkatkan skala usaha sekolah dan kompetensi guru PAUD.

Patut diketahui bahwa produk unggulan dari sekolah adalah mengutamakan generasi insan Islami dan kemajuan pendidikan berbasis kemuhamadiyaan.

Lebih lanjut Satrio menjelaskan bahwa output utama yang diharapkan dari kegiatan ini dalam bentuk nyata yaitu peningkatan siswa didik di tahun ajaran baru dan kompetensi diri guru semakin berkembang seiring penyesuaian edukasi di dunia digital saat ini. (Satrio)