Kapoksahli Koarmada II Buka Latihan Pengamanan Obyek Vital Nasional Strategis TA 2023

Surabaya – Fajar Nusantara News, Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah yang diwakili Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Koarmada II Laksma TNI Tamrin resmi membuka Latihan Pengamanan Obyek Vital Nasional Strategis (Obvitnas) Tahun Anggaran 2023 yang diikuti oleh prajurit Koarmada II. Adapun pembukaan latihan tersebut dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II Ujung Surabaya, Selasa (20/6).

Latihan Obvitnas T.A 2023 akan dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 20-26 Juni 2023 dengan meliputi program latihan Manajemen security dan intelijen, menghadapi ancaman bahaya dari manusia (beladiri dan anti huru hara) hewan dan alam, pemeriksaan pengamanan dan pelaksanaan patroli/ronda, penanggulangan bahan peledak dan evakuasi medis udara.

Perlu diketahui untuk pelaksanaan latihan berupa materi teori dilaksanakan di Satkopaska Koarmada II, sedangkan untuk manuver lapangan (Manlap) akan dilaksanakan di PT. PAL serta di luar Pangkalan, dalam hal ini di Arsenal Batuporon.

Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapoksahli Koarmada II, menyampaikan bahwa latihan ini merupakan wujud dari kebijaksanaan dari pimpinan TNI AL dalam pembinaan personel khususnya di bidang latihan yang bertujuan melatih prajurit Koarmada II dengan tujuan agar menjadi prajurit yang terampil, handal, profesional sekaligus menguji doktrin-doktrin yang telah ada.

Kepada penyelenggara latihan, Kapoksahli berharap agar dilaksanakan kerjasama yang baik diantara para peserta latihan dengan masyarakat daerah sekitar latihan, sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan lancar, aman serta didapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang direncanakan.(Sugino)