Geng RT 10 RW 8 Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan, Memborong Hadiah Lomba Dalam Merayakan HUT RI Ke 78

Surabaya – Fajar Nusantara News, Berbagai aneka lomba menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) digelar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya lomba nyunggih tempayah di tingkat RW, yang juaranya diborong oleh RT 10 RW 08 kelurahan Putat Jaya kecamatan Sawahan kota Surabaya.

Lomba nyunggi tempayah dan kempit balon ini sudah sering digelar dalam setiap menyambut perayan HUT Kemerdekaan RI di RW 08 kelurahan Putat Jaya kecamatan Sawahan kota Surabaya, (11/8/2023).

Lomba kempit balon tersebut diikuti para ibu-ibu di RW 08 kelurahan Putat Jaya, Aturan lombanya, peserta tidak boleh menjatuhkan balon yang di jepit diantara 2 paha sambil berlari secepatnya, kata Sutri selaku ketua ‘geng’ dari RT 10 RW 08 kelurahan Putat Jaya.

Ibu Fenty, salah satu peserta lomba, mengaku sangat antusias dan sangat senang mengikuti berbagai perlombaan tersebut.

“Luar biasa. Baru pertama kali ikut lomba ini dan kami punya tim yang sangat solid,” katanya bersemangat, sembari bersorak saat timnya juara 1 dalam lomba tersebut.

Salah satu lomba yang membutuhkan kerja keras dan konsentrasi tinggi adalah nyunggi tempayah, kehilangan fokus akan mengakibatkan berantakan, begitu juga balapan kelereng.

“Filosofi perlombaan menyunggih tempayah ini adalah untuk mengenang bagaimana dahulu pejuang kita kekurangan bahan pangan. Sekarang ibaratnya bahan pangan ubi ubian yang disediakan diatas tempayah untuk para pejuang.

Siapa yang berhasil mengantarkan bahan pangan dengan cara menyunggih dengan cepat dan tepat menjadi pemenangnya,” ujar Kris/Iin Ketua regu dari RT 10 RW 08. Dukuh Kupang Barat 1 Buntu 3, RW 08 kelurahan Putat Jaya kecamatan Sawahan Surabaya. (Tik)