Giat Warga RW 09 Pakansari Menghotmix Jalan 600 m² Secara Swadaya Warga

Cibinong – Fajar Nusantara News, Rukun Warga 09 Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, khususnya empat Rukun Tetangga 003, 004, 005 dan 006, bersepakat dan komitmen melaksanakan Program Pengurus RW 09 yaitu Perbaikan Jalan H. Jairan yang berlokasi di RT 004/09 dan RT.003/09 sepanjang 600 meter persegi telah dilaksanakan oleh Panitia pada bulan Mei – Juni 2023.

Program RW 09 yang sangat mendesak untuk di tindak lanjuti adalah Perbaikan Jalan H. Jairan yang merupakan akses bersama yang berlokasi di wilayah RT.03, 04, 05 dan 06 RW 09 Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jalan tersebut telah di aspal kurang lebih 20 tahun yang lalu sehingga keadaan fisik jalan ini banyak yang rusak ringan, sedang dan ada yang tergolong berat.

Untuk itu atas usulan warga program perbaikan jalan H. Jairan merupakan prioritas utama Program Kerja untuk tahun 2023 setelah kepengurusan RW 09 yang baru di kukuhkan per 1 Maret 2023. Berdasarkan hasil survei dilapangan oleh pihak ketiga ada 44 titik kerusakan dan ada enam titik tergolong rusak berat dengan luas kurang lebih 900 meter persegi.

Akhirnya pada tanggal 5 Maret 2023 Ketua RW 09 membentuk Panitia Perbaikan Jalan H. Jairan sebagai Ketua Bapak H. Maulana dan untuk pelaksanaan pekerjaan kerjasama dengan pihak ketiga. Adapun sumber dana yaitu dari para Pengembang, Donatur, dan Toko Bahan Bangunan di lingkungan Pakansari, serta partisipasi masyarakat.

H. Maulana selaku Ketua Panitia menerangkan pekerjaan perbaikan jalan dibagi dalam dua tahap, Tahap pertama titik – titik jalan yang kondisinya rusak berat dan sedang sepanjang 248 meter persegi membutuhkan biaya R31.000.000,- dengan spesifikasi hotmix telah dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Mei 2023.

Kemudian tahap Kedua titik – titik jalan yang kondisinya rusak sangat berat 140 meter persegi, rusak sedang dan ringan sepanjang 150 meter persegi membutuhkan dana sebesar Rp37.650,000,- dengan spesifikasi Aspal Hotmix, telah dilaksanakan pada tanggal 5 – 7 Juni 2023 tegas H. Maulana.

H. Besar Yunianto selaku pengawas dalam pengaspalan ini mengatakan bahwa pekerjaan pihak ke tiga ini sudah cukup rapi. Sementara di tengah – tengah kesibukan kegiatan rutin, Lurah Pakansari Masturo, S. Sos menyempatkan monitoring pelaksanaan Perbaikan Jalan H. Jairan. “Saya merasa senang dan apresiasi dan ucapan Terima kasih kepada Warga RW. 09 yang telah bergotong royong untuk berpartisipasi berupa, tenaga, pemikiran dan amal Jariyahnya sehingga terwujud perbaikan jalan H. Jairan dalam waktu relatif cepat”, tegas Masturo.

Sigit selaku Ketua RW 09 Pakansari menerangkan, pelaksanaan perbaikan jalan H. Jairan terwujud berkat semangat gotong royong warga, para pengembang perumahan, pengusaha di lingkungan RW 09 sebagai donatur bersifat partisipatif dan sukarela. Pembangunan ini tentunya peran Panitia yang bekerja dilandasi keikhlasan, administrasi keuangan yang dikelola secara transparan di umumkan secara rutin melalui medsos oleh Ahmad Efendi selaku Bendara.

Selaku Ketua RW 09 tentunya menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada para donatur, warga RT 03, 04, 05 dan 06 di lingkungan RW 09 dan segenap Panitia serta pihak ketiga yang telah berpartisipasi dan bekerjasama dengan prinsip Gotong Royong akhirnya bisa terwujud apa yang di harapkan oleh segenap lapisan masyarakat yang memanfaatkan jalan H. Jairan ini.

“Semoga dengan kondisi jalan yang sudah bagus ini bisa meningkatkan aktifitas dan kegiatan di segala sektor kehidupan dan warga merasa aman, nyaman dan berkemajuan”, tegas Sigit. (M. DJaelani)